Skip to main content

Sejarah Zlatan Ibrahimovic

 Zlatan Ibrahimovic lahir pada tanggal 3 Oktober 1981 di Malmö, Swedia. Dia tumbuh dalam lingkungan yang padat imigran di lingkungan Rosengard di Malmö. Ibrahimovic menunjukkan bakat sepak bola sejak usia muda dan bergabung dengan klub lokal, FBK Balkan, pada usia 6 tahun.

Pada usia 15 tahun, Ibrahimovic pindah ke klub Swedia, Malmö FF, yang merupakan klub papan atas di liga Swedia. Ia membuat debutnya di tim utama Malmö FF pada tahun 1999. Penampilannya yang mengesankan di klub ini menarik perhatian klub-klub Eropa yang lebih besar.


Pada tahun 2001, Ibrahimovic pindah ke klub Belanda, Ajax Amsterdam. Di Ajax, dia menjadi bagian dari tim yang sukses dan memenangkan tiga gelar Eredivisie berturut-turut dari tahun 2002 hingga 2004. Penampilannya yang cemerlang di Ajax menarik minat klub-klub top Eropa.


Ibrahimovic kemudian pindah ke klub Italia, Juventus, pada tahun 2004. Di Juventus, ia menjadi salah satu pemain kunci dalam meraih gelar Serie A pada musim 2004-2005 dan 2005-2006. Namun, gelar-gelar tersebut dicabut karena skandal pengaturan pertandingan yang melibatkan Juventus.


Setelah skandal tersebut, Ibrahimovic pindah ke Inter Milan pada tahun 2006. Bersama Inter, dia mengalami kesuksesan besar dan memenangkan tiga gelar Serie A berturut-turut dari tahun 2007 hingga 2009. Dia juga menjadi pencetak gol terbanyak Serie A pada musim 2008-2009.


Pada tahun 2009, Ibrahimovic pindah ke Barcelona dalam transfer yang melibatkan pemain Zlatan Ibrahimovic dan Samuel Eto'o yang pindah ke klub masing-masing. Di Barcelona, dia bermain bersama pemain-pemain bintang seperti Lionel Messi dan Andres Iniesta. Meskipun awalnya mengalami kesulitan beradaptasi dengan gaya permainan Barcelona, Ibrahimovic masih berkontribusi dalam memenangkan gelar La Liga dan Liga Champions UEFA pada musim 2009-2010.


Setelah satu musim di Barcelona, ​​Ibrahimovic pindah ke klub Italia AC Milan pada tahun 2010. Di Milan, dia menjadi salah satu pemain terbaik dan menjadi pencetak gol utama klub. Bersama Milan, dia memenangkan gelar Serie A pada musim 2010-2011.


Setelah itu, Ibrahimovic bermain untuk beberapa klub top Eropa termasuk Paris Saint-Germain (PSG), Manchester United, LA Galaxy, dan kembali ke AC Milan. Dia terus memberikan kontribusi yang signifikan dengan mencetak gol dan membantu klub-klubnya meraih gelar dan mencapai kesuksesan.


Selain karier klubnya, Ibrahimovic juga mewakili tim nasional Swedia dalam beberapa turnamen internasional, termasuk Piala Dunia FIFA dan Kejuaraan Eropa UEFA. Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk tim nasional Swedia.


Sejarah Zlatan Ibrahimovic adalah cerita tentang perjalanan seorang pemain sepak bola yang luar biasa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar